Bisnis

Mengenal Lebih Jauh Faktur Penjualan dan Pembelian Dalam Bisnis

faktur penjualan dan pembelian

Faktur memiliki 2 tipe, yaitu faktur penjualan dan pembelian. Kedua tipe faktur tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Seiring perkembangan zaman, beberapa perusahaan memilih menggunakan faktur yang sudah berbentuk elektronik. Namun, faktur tetap dapat dicetak dalam bentuk hardcopy sesuai dengan permintaan pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Baca Juga :  Bukti Transaksi Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pengusaha UKM

faktur penjualan dan pembelian

Berikut ini akan diulas lebih dalam mengenai kedua tipe faktur tersebut.

Pengertian dan Manfaat Faktur Penjualan

Faktur penjualan atau sales invoice adalah dokumen akuntansi yang mencatat transaksi bisnis. Faktur penjualan memberikan catatan layanan kepada bisnis yang mereka berikan kepada klien, ketika layanan diberikan dan berapa banyak uang yang harus dibayarkan klien kepada bisnis.

Biasanya, sales invoice akan menyertakan deskripsi layanan yang diberikan, jumlah utang, dan batas waktu pembayaran. Faktur penjualan sangat penting untuk akuntansi bisnis kecil karena memungkinkan Anda untuk mencatat transaksi penjualan Anda untuk tujuan pembukuan.

Baca Juga : Manfaat Faktur Penjualan Online Dalam Bisnis

Manfaat Faktur Penjualan

Faktur penjualan memiliki banyak kegunaan atau manfaat sehingga sebaiknya jangan langsung membuangnya begitu saja setelah berbelanja. Berikut beberapa kegunaan atau manfaat faktur atau bukti transaksi penjualan:

1. Alat untuk pembukuan yang akurat

Faktur penjualan adalah alat penting untuk usaha kecil karena berfungsi sebagai dasar untuk sistem pembukuan bisnis. Faktur penjualan membuat catatan penjualan. Dengan mencatat dan mengarsipkan semua faktur yang Anda kirim ke klien dengan benar, Anda akan memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk melacak penjualan Anda, memantau arus kas Anda dan membuat laporan keuangan yang kuat.

Baca Juga :  Cara Membuat Faktur Penjualan Pada Accurate Online

2. Bukti saat pelaporan pajak

Faktur penjualan adalah dokumentasi penting untuk memverifikasi klaim yang Anda buat pada laporan pajak Anda. IAI merekomendasikan agar usaha kecil menyimpan dokumen pendukung seperti faktur di tempat utama, jika Anda perlu mengkonfirmasi informasi yang Anda sertakan dalam buku perusahaan Anda.

Anda dapat merujuk ke daftar lengkap dokumen bisnis pendukung yang direkomendasikan oleh IAI untuk rincian lebih lanjut. Faktur yang direkam dengan benar juga membuat proses penyelesaian pajak Anda lebih mudah, karena Anda akan memiliki catatan lengkap tentang pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda.

3. Alat manajemen persediaan

Jika bisnis Anda menjual produk fisik kepada pelanggannya, sales invoice Anda dapat membantu Anda mengelola inventaris Anda dan memastikan Anda selalu memiliki cukup setiap produk untuk memenuhi pesanan masuk Anda.

Faktur penjualan Anda membantu Anda melacak berapa banyak inventaris yang Anda miliki dan memungkinkan Anda memperkirakan berapa banyak yang akan Anda butuhkan untuk bulan-bulan mendatang, berdasarkan data masa lalu.

Baca Juga :  Mudahnya Import Transaksi Penjualan Dari Smartlink E-Commerce ke Accurate Online

4. Perlindungan hukum

Faktur penjualan Anda dapat membantu melindungi Anda dari tuntutan hukum atau tidak berdasar yang dapat diajukan terhadap perusahaan Anda. sales invoice dapat menunjukkan layanan apa yang disediakan bisnis Anda kepada klien dan jadwal untuk pekerjaan tersebut. Faktur penjualan yang ditandatangani oleh klien sangat berguna dalam hal ini, tetapi tidak perlu.

5. Data untuk perencanaan bisnis

Faktur penjualan berfungsi sebagai data penting ketika bisnis Anda merencanakan masa depannya. Faktur penjualan dapat menawarkan informasi tentang berapa banyak pendapatan yang Anda bawa dan bagaimana penghasilan Anda telah berubah dari waktu ke waktu.

Anda dapat menggunakan informasi itu untuk melakukan perkiraan anggaran. Anda juga dapat menggunakan data penjualan Anda untuk melihat berapa banyak uang tunai yang Anda miliki untuk berinvestasi dalam menumbuhkan atau meningkatkan bisnis Anda.

Faktur penjualan merinci semua layanan berbeda yang Anda berikan kepada klien, sehingga Anda dapat melihat penawaran mana yang paling populer dan layanan mana yang tidak menghasilkan banyak pendapatan. Dengan informasi itu, Anda dapat membuat keputusan tentang cara memperbarui penawaran bisnis Anda untuk membuat perusahaan Anda lebih menarik bagi klien potensial.

Bukti transaksi penjualan termasuk salah satu dokumen penting dalam perusahaan. Selain sebagai bukti transaksi, adanya sales invoice juga sebagai tanda berapa banyak barang yang telah dijual. Sehingga perusahaan dapat memperbarui stok barang mereka.

faktur penjualan dan pembelian

Pengertian dan Manfaat Faktur Pembelian

Faktur pembelian merupakan bukti transaksi komponen penting dalam pencatatan keuangan karena menjadi dasar bagi seorang akuntan untuk melakukan pembukuan. Semua transaksi yang berlangsung dalam perusahaan harus dicatat secara rinci dan lengkap untuk mempermudah proses pembukuan.

Baca Juga : Pencatatan Aktiva Tetap Melalui Faktur Pembelian di Accurate Online

Secara sederhana, purchase invoice adalah bukti transaksi yang diterima oleh pembeli dari penjual saat melakukan pembelian. Faktur menjadi bukti bahwa barang atau jasa telah diterima oleh pembeli yang bersangkutan.

Ketika konsumen menerima barang tersebut maka pembeli juga akan menerima faktur penjualan dari penjual yang berisi informasi tagihan pembayaran barang. Faktur inilah yang diakui sebagai faktur pembelian dalam pencatatan keuangan. Umumnya orang lebih mengenal purchase invoice dengan sebutan nota.

Manfaat Faktur Pembelian

Biasanya setelah melakukan pembelian dan menerima purchase invoice konsumen akan langsung membuangnya begitu saja. Mereka hanya tidak tahu apa manfaat atau kegunaan yang bisa didapatkan oleh seorang konsumen dengan adanya faktur tersebut.

Baca Juga : Cara Input Pembayaran Pembelian Menggunakan Kartu Kredit di Accurate Online

1. Bukti Transaksi Fisik

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan adanya faktur pembelian adalah mendapat bukti transaksi fisik dari pembelian atau penjualan yang dilakukan. Faktur yang berisi informasi dan harga barang yang bisa menjadi informasi bagi kedua pihak.

2. Informasi Nilai Tagihan

Manfaat kedua dari purchase invoice adalah memuat bukti informasi nilai tagihan pembayaran terhadap pembelian barang. Dengan adanya informasi detail dalam purchase invoice bisa memberikan informasi mengenai besaran uang yang harus dikeluarkan untuk membayar barang pesanan.

3. Dokumen Sah untuk Pencatatan Keuangan

Purchase invoice merupakan bukti yang sah dan telah diakui keabsahannya dalam dunia akuntansi. Faktur pembelian menjadi bukti transaksi yang sah untuk pencatatan keuangan perusahaan yang memberikan informasi penjualan perusahaan terhadap suatu barang.

4. Klaim Untuk Konsumen

Manfaat lain dari purchase invoice adalah menjadi klaim bagi konsumen saat melakukan transaksi. Klaim yang dimaksud adalah pegangan atau bukti bagi konsumen jika terdapat barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Konsumen bisa mengajukan protes atau pengembalian barang atau yang disebut retur.

5. Menunjukkan Persediaan Barang Perusahaan

Manfaat selanjutnya dari faktur pembelian adalah dapat menunjukkan persediaan barang yang dimiliki perusahaan. Setelah melakukan pencatatan maka perusahaan akan mudah mengontrol persediaan barang yang dimiliki. Atas dasar itu perusahaan bisa melakukan penambahan jumlah barang atau meningkatkan jumlah pembelian.

Itulah informasi seputar faktur penjualan dan pembelian mulai dari pengertian, manfaat, komponen hingga cara pembuatannya. Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat faktur pembelian sebaiknya gunakan software akuntansi sebagai solusinya.

Baca Juga : Alasan Kenapa Bisnis Butuh Cloud Accounting Software? 

Dengan adanya software akuntansi dapat memudahkan Anda dalam membuat faktur pembelian dan faktur penjualan dengan mudah dan cepat, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online memiliki fitur terlengkap, salah satunya fitur faktur penjualan dan faktur pembelian yang berfungsi untuk mencatat dan membuat faktur tagihan dari supplier atau vendor.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat faktur penjualan dan pembelian bisa mencetak, dan juga mengirimkan dengan faktur melalui email. Anda juga bisa mengkostumisasi tampilan faktur dan komponen apa saja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga : Hanya Dengan Rp. 6000/Hari, Kamu Bisa Rapihkan Pembukuanmu

Jadi lebih mudah bukan? Anda bisa langsung mencoba trial gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

trial gratis 30 hari accurate online

Kesimpulan

Sudah tahu kan apa itu faktur atau bukti transaksi penjualan dan pembelian itu seperti apa dan bagaimana cara membuatnya. Pastikan untuk selalu memiliki bukti transaksi saat melakukan jual-beli barang maupun jasa. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya bukti transaksi ini baik dari sudut penjual maupun pembeli. Ingin tahu fitur lengkap dan cara berlangganan Accurate Online, dapat menghubungi team marketing Kami di :

Related posts

Peluang Bisnis Menjadi Buzzer Bayaran

raymond simanjuntak

Mau Tahu?? Cara Mudah Memahami Neraca Bagi Pebisnis UKM

Rika Angraini