Accurate Online

Pengertian Buku Kas Dan Juga Jenis Nya

Sebagai seorang pengusaha atau pebisnis kecil maupun besar sangatkah penting untuk memahami dan mengerti tentang buku kas agar dapat mengerti kondisi kesehatan keuangan perusahaan.

Pada kesempatan ini mari kita bahas mengenai pengertian buku kas dan juga jenis nya, silahkan di simak yaa..

Pengertian Buku Kas

Berdasarkan laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), buku kas adalah suatu media tercatatnya suatu informasi terkait kas perusahaan. Di dalam catatan tersebut, penerimaan dan juga pengalihan tunai ataupun kredit bisa dicatat secara rinci dan detail.

Tentunya catatan tersebut mengikut standar umum, sehingga nantinya bisa dipahami oleh semua orang. standarisasi umum yang dimaksud dalam hal ini adalah penggolongan transaksi, status, dan juga keterangannya.

Dari buku tersebut, setiap pihak akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi kesehatan finansial suatu perusahaan secara lebih menyeluruh.

Selain itu, buku kas juga bisa digunakan untuk mengetahui sektor mana saja yang menjadi sumber pemasukan ataupun sumber pengeluaran yang paling besar bagi perusahaan.

Oleh karena itu, buku ini memiliki peranan yang sangat penting.

Kondisi kesehatan finansial suatu perusahaan yang setiap transaksinya tercatat dengan rapi tentunya akan sangat bermanfaat untuk bisa dijadikan sebagai acuan dalam berbagai hal, termasuk di dalamnya untuk pengambilan keputusan tertentu.

Baca Juga : Pengertian Arus Kas dan Cara Menyusun Laporan Arus Kas

Jenis Buku Kas

Selain buku kas umum, seperti halnya buku kas masuk dan buku kas keluar, ternyata masih ada lagi jenis buku kas lainnya, seperti:

  • buku pembantu bank,
  • buku kas pembantu pajak,
  • dan juga buku pembantu panjar.

Dari buku tersebut, arus kas ataupun dana perusahaan bisa dengan mudah diamati secara baik dengan menggunakan buku kas masuk atau buku kas keluar.

Perlu Anda garis bawahi bahwa setiap jenis dari buku ini memiliki peran pentingnya tersendiri.

Buku Pembantu Bank

Untuk buku pembantu bank, bedanya dengan buku kas umum adalah dari sisi fungsionalitasnya.

Di dalam buku ini, arus dana yang bisa dicatat hanya lah dana dari transaksi yang dilakukan secara khusus menggunakan bank.

untuk itu, buku pembantu bank hanya akan mencatat kegiatan transaksi yang terjadi dari teller bank ataupun atm.

Buku Pembantu Pajak

Disisi lain, buku pembantu pajak adalah suatu buku yang didalamnya mencatat kegiatan transaksi yang berhubungan dengan pajak. Mulai dari pemungutan dan juga penyetoran pajak yang dipungut selaku wajib pajak, sampai dengan pencatatan pajak lain, terutama PPH.

Buku Pembantu Panjar

Terakhir, buku pembantu panjar adalah suatu buku catatan yang didalamnya terdapat catatan seputar pengeluaran dan juga pengiriman kas untuk bisa diserahkan pada pihak tertentu sesuai dengan SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Buku pembantu panjar ini sudah diatur secara khusus oleh Kementerian Dalam Negeri Indonesia.

Apa Itu Buku Kas Masuk?

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa buku kas adalah suatu media tercatatnya seluruh informasi terkait kas perusahaan.

 dimana mana pencatatan tersebut sebagai penerimaan dan juga pengeluaran secara kredit dan juga tunai yang ditulis secara lebih rinci dan juga lebih detail.

Selain itu, pencatatan ini pun harus mengikuti suatu standar tertentu, seperti

  • menggolongkan transaksi,
  • memberikan suatu status pengeluaran ataupun penerimaan,
  • dan juga memberikan keterangan transaksi.

Untuk itu, fungsi dari pada buku kas masuk dan kas keluar ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan.

kenapa buka kas masuk ini dianggap penting? Tentu saja agar para pebisnis bisa mengetahui sumber pemasukan apa saja yang paling banyak.

 

Pentingnya Software Akuntansi Untuk Bisnis

Baca juga : Cara Aktivasi Accurate Online dengan kode AKtivasi

Dengan mengetahui penting nya kondisi keuangan perusahaan ada baik nya anda menggunakan program akuntansi untuk membantu anda dalam pembukuan usaha.

Accurate Online adalah software akuntansi yang berbasis web dan user friendy yang dapat digunakan dengan mudah.

sehingga anda para pebisnis yang tidak mengerti pembukuan akan dengan mudah membaca laporan dan pengimputan nya.

Dapatkan diskon 25% untuk aktivasi database Accurate Online disini, atau jika anda ingin mencoba free trial kami sediakan free trial 30 hari full akses disini.

accurate online

Related posts

3 Fungsi Akuntansi dalam Membantu Berkembangnya Bisnis

Rika Angraini

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ramadhan

Rizal Syah

Kelola Pembukuan Untuk Toko Online

raymond simanjuntak
Accurate Online Diskon