Accurate Online

Pengertian dan Manfaat Kurs Mata Uang Bagi Bisnis

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian dan manfaat kurs bagi bisnis, sebelumnya saya jelaskan dulu apa itu Kurs , Kurs adalah (nilai tukar) mata uang suatu Negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang Negara lain, definisi kurs (exchange rate) dapat juga diartikan sebagai sebuah perjanjian yang dikenal dengan nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat sekarang atau di masa depan antara dua mata uang negara yang berbeda.

Kata “kurs” mungkin bukan istilah yang asing lagi bagi kita. Namun, dalam penerapannya masih banyak yang belum mengetahui pengertian kurs dan pengaruhnya dalam ekonomi bisnis.

Faktor yang memperngaruhi nilai Kurs

Beberapa ini adalah factor yang mempengaruhi nilai tukar suatu Negara antara lain ;

Kebijakan Pemerintah

Berbagai kebijakan yand dibuat oleh pemerintah suatu negara akan berpengaruh pada nilai tukar mata uang di negara tersebut. Kebijakan tersebut berfungsi sebagai kontrol untuk:

  1. Menghindari berbagai hambatan terhadap nilai tukar valuta asing
  2. Menghindari berbagai hambatan terhadap perdagangan Internasional

Tingat Inflasi

Perbedaan tingkat suku bunga

Aktivitas neraca pembayaran

Tingkat pendapatan relative

Ekspektasi

Manfaat dan Pengaruh Kurs dalam Bisnis

Kurs menjadi alat tukar menukar barang dan jasa antar Negara sehingga manfaat kurs bagi bisnis sangatlah penting dalam perdagangan internasional seperti ekspor dan impor

Berikut beberapa pengaruh kurs terhadap bisnis:

  1. Pengaruh Kurs terhadap Importir

Jika Bisnis anda memerlukan barang dan bahan baku yang harus di beli dari luar negri tentunya nilai kurs sangat menentukan keuntungan yang anda dapatkan.

Namun dalam kondisi mata uang rupiah yang melemah terhadap mata uang asing yang umumnya dollar, maka perusahaan anda akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk mengimport bahan baku yang anda inginkan, dalam kondisi seperti ini pebisnis akan mengalami kerugian jika harga barang tidak di naikan.

  1. Pengaruh Kurs terhadap Eksportir

Bagi pebisnis yang sering melakukan ekspor barang, nilai tukar pasti sangat menguntungkan.

Jika nilai mata uang asing menguat , maka harga nilai jual produk ekspor ke luar negri akan tinggi dari harga dalam negri, disini biasanya pebisnis sangat di untungkan.

  1. Pengaruh Kurs terhadap Hutang Piutang

Jika nilai tukar rupiah terus melemah terhadap mata uang asing, ini akan merugikan pengusaha yang memiliki utang luar negeri. Karena nilai utangnya akan semakin tinggi juga.

Jadi, sebaiknya bagi pebisnis muda menghindari utang piutang dengan luar negeri.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi dari Debt Equity Ratio atau Rasio Hutang Modal

Kesimpulan

Dengan perkembangan zaman bisnis ekspor impor perdagangan internasional bukan lagi hal yang tabu, karnanya memahami pengertian, manfaat kurs sangatlah penting

Dengan memahami nilai mata uang dan kerja kurs pengusaha internasional jadi mampu mamahami resiko dan keuntungan yang nantinya akan di dapat.

Bagi pengusaha yang menggunakan pembayaran multi mata uang sudah tidak usah pusing lagi memikirkan perhitungan untuk selisih kurs nya, karna Accurate memiliki fitur untuk hutung selisih kurs, Dengan berbasis online memudahkan pengguna dalam pengoperasian dimana saja dan kapan saja dan laporan akan tersaji secara real time,

Dapatkan diskon upto 25% untuk aktivasi Accurate online disini, atau untuk anda yang masih ingin mencoba trial dapatkan free akses selama 30 hari ( full akses) disini, dengan Accurate bisnis jadi mudah dan efisien.

Coba Gratis Accurate Online

 

 

 

 

 

 

Related posts

MUDAHNYA MELAKUKAN REKONSILIASI BANK DI ACCURATE

Rika Angraini

Fitur Import Faktur Pajak di Software Accurate, Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaporkan SPT Tahunannya

Rika Angraini

SOFTWARE KEUANGAN UNTUK TOKO RETAIL

raymond simanjuntak