Bisnis

Pengertian Modernisasi Dampak Positif dan Negatif Modernisasi Dalam Bisnis

modernisasi

Modernisasi secara umum adalah suatu periode waktu yang terjadi pada masa terkini. Modernisasi saat ini hampir sangat dibutuhkan dan diperlukan di dalam kehidupan sehari, termasuk dalam dunia bisnis.

Suatu bisnis yang tidak mampu mengikuti perubahan zaman dan tidak mampu melakukan modernisasi, hampir bisa dipastikan tidak akan bertahan. Karena, seluruh kompetitor dan konsumennya sudah melakukan perubahan modernisasi.

Baca Juga : Berikut Skill Yang Harus Dimiliki Pebisnis di Era Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Bisnisnya

Dimana modernisasi secara umum adalah suatu periode waktu yang terjadi pada masa terkini. Modernisasi saat ini hampir sangat dibutuhkan dan diperlukan di dalam kehidupan sehari, termasuk dalam dunia bisnis.

Modernisasi

Syarat Terjadinya Modernisasi

Perlu kita garis bawahi bersama bahwa modernisasi terbentuk atas dasar keinginan manusia yang selalu tidak merasa puas akan berbagai hal. Manusia akan selalu ingin meningkatkan ataupun memperbaiki hal yang sudah ada dan menemukan sesuatu yang baru.

Berikut ini adalah syarat-syarat terjadinya modernisasi menurut Soerjono Soekanto:

  • Cara berpikir yang dilakukan secara ilmiah dan sudah melembaga serta tertanam kuat di dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Adanya sistem administrasi negara yang sudah baik dan mampu mewujudkan adanya birokrasi yang baik.

  • Sistem pengumpulan data yang lebih teratur, dan juga lebih terpusat pada suatu lembaga maupun badan hukum tertentu.

  • Terwujudnya kondisi yang lebih menyenangkan pada modernisasi, khususnya pada media massa.

  • Tingkat organisasi yang lebih tinggi, khususnya pada tingkat disiplin diri.

  • Terwujudnya sentralisasi wewenang dalam hal melakukan perencanaan yang lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan golongan atau kepentingan pribadi.

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Kemampuan Komunikasi Digital di Era Teknologi

Kebudayaan yang ada di dalam suatu masyarakat sangatlah mempengaruhi proses modernisasi. Artinya, faktor pendorong atau penghambat suatu modernisasi berada pada budaya atau kebudayaan masyarakat di dalamnya.

Ciri-Ciri Modernisasi Secara Umum

Agar bisa melihat adanya ciri-ciri modernisasi, kita bisa menganalisanya dari aspek sosio demografis dan juga aspek struktur organisasi sosial.

1. Aspek Sosio Demografi

Perubahan sosio demografi ini terdapat pada unsur sosial, ekonomi, dan juga psikologi manusia. Perubahan ini terjadi dengan pola yang baru dengan adanya sosialisasi dan juga pola perilaku yang ada di dalam aspek kehidupan modern, seperti:

  • Pemikiran rasional yang sudah semakin berkembang.

  • Adanya kegiatan urbanisasi.

  • Peningkatan pendapatan perkapita pada suatu daerah atau negara

  • Penggunaan teknologi yang semakin pesat

  • Munculnya diferensiasi dalam hal tenaga kerja masyarakat

  • Munculnya sikap individualisme di dalam lapisan masyarakat

  • Kegiatan ekonomi akan terfokus pada produksi, distribusi, dan konsumsi.

2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Perubahan ini terjadi karena adanya unsur-unsur serta norma yang berlaku di masyarakat dan juga karena adanya hubungan antar setiap warga di dalam kehidupan bermasyarakat, seperti:

  • Terwujudnya norma sosial didalam suatu masyarakat

  • Terbentuknya stratifikasi sosial ataupun pengelompokan anggota masyarakat yang terjadi secara vertikal.

  • Adanya perubahan pada cara interaksi sosial.

  • Terwujudnya pembagian kekuasaan dan juga wewenang.

  • Adanya lembaga kemasyarakatan yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

1. Dampak Positif Modernisasi

Beberapa dampak positif dari pemberlakuan modernisasi yang akan mampu dirasakan oleh masyarakat diantaranya adalah:

  • Dapat Meningkatnya kekuatan integrasi masyarakat yang membuat seluruh masyarakat menjadi kian terbuka, sehingga bentuk interaksi yang terjalin antar setiap masyarakat menjadi lebih baik.

  • Meningkatnya bidang pendidikan, teknologi, industri dan moda transportasi.

  • Perubahan pada cara berpikir masyarakat menjadi lebih rasional.

  • Adanya perbaikan kesadaran dalam hal politik dan juga demokrasi.

  • Serta adanya perubahan pada tingkat kesejahteraan masyarakat karena perkembangan dunia industri.

  • Dapat melakukan transfer teknologi pada negara maju ke negara berkembang, sehingga sistem pembangunan pada setiap negara akan menjadi lebih maju.

2. Dampak Negatif Modernisasi

Terlepas dari adanya dampak positif di atas, modernisasi pun menyisakan dampak negatif yang ada di tengah-tengah masyarakat, yaitu:

  • Terjadinya kesenjangan pada masyarakat dalam hal ekonomi dan juga sosial.

  • Adanya pencemaran pada lingkungan alam

  • Meningkatnya tindak kriminalitas.

  • Semakin menonjolnya sikap individualisme di dalam masyarakat.

  • Masyarakat akan cenderung lebih konsumtif dan semakin berkemangnya budaya hedonisme.

  • Mulai semakin tergerusnya budaya lokal yang digantikan dengan budaya luar negeri.

Baca Juga : Berikut Alasan Pelaku Bisnis Beralih ke Software Akuntansi Cloud

Modernisasi di Dunia Bisnis

Modernisasi yang terjadi di dalam dunia bisnis tidak terlepas dari pembaruan kantor, banner, baliho ataupun peralatan fisik lain saja. Namun, modernisasi dalam dunia bisnis juga mengarah pada suatu sistem yang lebih mempermudah setiap pekerja dalam melakukan pekerjaannya agar lebih cepat dalam melayani setiap konsumen.

1. Sentuhan Teknologi

Semakin modernnya suatu peradaban, maka kebutuhan setiap konsumen juga akan semakin cepat. Bahkan, saat ini mereka akan cenderung menyukai kegiatan belanja online.

Modernisasi akan berdampak langsung pada kinerja setiap bisnis. jika hanya mengandalkan kegiatan promosi manual, seperti memasang baliho, menyebarkan brosur, atau teknik pemasaran konvensional lainnya, maka suatu bisnis mungkin akan gagal.

Jadi, teknologi akan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan pada suatu bisnis. bahkan mampu menghemat biaya promosi yang begitu sangat besar.

Baca Juga : Berikut Faktor Penting Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Sudah banyak pebisnis yang mampu beradaptasi dengan kegiatan modernisasi dengan cara membuat suatu bisnis dan menyediakan software mobile yang lebih mampu menjangkau banyak konsumen.

2. Customer Care

Sekecil apapun bisnis yang sedang dijalankan, customer care atau layanan pelanggan memiliki peranan yang penting dalam menjangkau kekurangan pada suatu produk yang sudah dipasarkan. Hal tersebut juga akan mampu mengurangi kesalahan dan juga meningkatkan kepuasan konsumen.

Hal ini juga tidak lepas dari adanya modernisasi, seperti hadirnya aplikasi chatting dan juga media sosial. Saat ini, aktif di dalam media sosial dan juga layanan chatting menjadi cara paling baru dalam berkomunikasi dengan pelanggan daripada lewat telepon ataupun email.

3. Koordinasi Tim yang Fleksibel

Kembali lagi pada poin pertama, modernisasi memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis, termasuk dalam hal tim inti dan juga karyawan.

Lahirnya teknologi berbasis cloud, memungkinkan setiap manusia untuk berkoordinasi dimanapun dan kapanpun. Bahkan dengan perangkat apapun yang sudah tersambung dengan internet tanpa harus datang ke kantor.

4. Update Skill Karyawan

Selain adanya ketiga aspek di atas, pihak perusahaan juga perlu melakukan training kepada karyawannya secara berkala. Hal tersebut tidak terpaku pada alat baru yang digunakan, namun juga sistem terbaru yang nantinya mampu membantu performa kerja karyawan yang lebih baik.

Setiap perusahaan harus mampu meluangkan waktunya dalam membantu masing-masing karyawan untuk berkembang dan mengikuti perubahan modernisasi.

Baca juga : Berikut Jenis Intangible Asset Yang Wajib Diketahui Oleh Pengusaha

Dampaknya pada bisnis adalah semakin mudah dalam meningkatkan performa kerjanya, baik itu dalam hal produksi, ataupun marketing. Salah satu modernisasi yang saat ini semakin banyak digunakan adalah pada sentuhan teknologi berbasis aplikasi mobile atau cloud, seperti aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang mampu memodernisasi bisnis dalam hal akuntansi. Aplikasi ini mampu membantu Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi yang rumit dan sulit menjadi lebih mudah dan cepat, karena sudah dilengkapi dengan tampilan dashboard yang sederhana dan mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

Baca Juga : Berikut Bedanya Accurate V5 Desktop (Offline) dengan Accurate Online

Jika kamu ingin berlangganan Accurate Online, kebetulan Accurate Online sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Jika Kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur, promo, diskon dan cara beli software Accurate yang aman. Kamu juga bisa kontak Team Marketing Accurate dibawah ini yah : 

Baca Juga : Cara Beli Software Accurate Yang Aman, Mudah dan Praktis

Tertarik menggunakan fitur manufaktur di Accurate Online? Anda dapat mencoba Accurate Online secara gratis 30 hari  melalui tautan pada gambar di bawah ini :

coba gratis 30 hari accurate online

Related posts

Bagaimana Cara Mensiasati Penurunan Omset Penjualan Akibat WFH

raymond simanjuntak

Forecasting dalam Dunia Bisnis

Agus Fadhil

Berikut Manfaat Penggunaan Instagram Bagi Bisnis UKM

admin
Accurate Online Diskon