Akuntansi

Pengertian,Manfaat, Contoh Serta Keuntungan Memakai Metode Akrual

Metode pembukuan untuk yang biasa digunakan oleh bayak perusahaan adalah metode akrual, untuk itu pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai pengertian,manfaat contoh serta keuntungan memakai metode ini, silahkan di simak ya..

Pengertian Pencatatan Akrual dalam Akuntansi

Akrual adalah salah satu istilah akuntansi dan juga pembukuan yang mengacu pada penyesuaian yang harus dilakukan sebelum diterbitkannya laporan keuangan perusahaan.

Transaksi bisnis yang bisa dilibatkan pada akrual adalah:

  • Beban, kewajiban, dan juga kerugian yang sudah terjadi tapi belum tercatat di dalam akun
  • Pendapatan dan aset yang sudah didapatkan tapi belum tercatat di dalam akun.

Metode akrual ini dinilai lebih tepat dalam menilai kondisi keuangan suatu perusahaan. Penggunaan akrual sangatlah berguna untuk bisnis yang mana didalamnya terdapat banyak sekali transaksi kredit, termasuk penjualan produk barang atau jasa secara kredit yang didalamnya tidak terjadi pertukaran uang secara tunai.

Manfaat Akrual

Metode ini sangat bermanfaat dalam hal meningkatkan jumlah informasi di dalam laporan akuntansi. Sebelum menggunakan metode ini, umumnya para akuntan hanya mencatat kegiatan transaksi tunai di dalam laporannya. Namun, transaksi tunai saja tidak mampu memberikan informasi yang gamblang terkait aktivitas bisnisnya.

Contohnya saja pendapatan berdasarkan kredit sampai kewajiban yang harus dilakukan di masa depan. Maka dengan melakukan pencatatan, pihak perusahaan bisa mengukur apa saja yang terhutang di dalam jangka waktu pendek, pun juga dengan pendapatan tunai.

Dalam hal ini pun bisa membuat perusahaan menunjukan aset yang tidak dimiliki pada nilai tunai.

Dengan menggunakan metode ini, maka seorang akuntan mampu melakukan penyesuaian untuk pendapatan yang sudah didapatkan tapi belum tercatat di dalam akun. Pun sama halnya dengan biaya yang sudah digunakan tapi belum dicatat di dalam akun. Akrual harus ditambahkan melalui adanya penyesuaian jurnal, sehingga laporan keuangan bisa melaporkan seluruh jumlahnya.

Contoh Akrual dari Biaya/Pengeluaran

Salah satu contoh sederhana akrual dari pembukuan biaya adalah akrual kewajiban dan pengeluaran. Kedua metode ini bisa dijadikan sebagai suatu perbaikan besar yang terjadi pada akhir bulan akuntansi. Tapi, semua tagihan ini tidak dibayarkan hingga tagihan bisa diterima di bulan pertama pada tahun selanjutnya.

Hal ini dilakukan agar laporan keuangan tahunan yang terjadi bisa lengkap, yaitu:

  • Laporan laba rugi perusahaan untuk tahun berjalan, laporan ini juga harus bisa melaporkan biaya perbaikan.
  • Neraca pada hari akhir tahun berjalan dan harus melaporkan liabilitas yang terkait.
  • Laporan laba-rugi untuk tahun berjalan. Laporan tersebut juga harus melaporkan biaya perbaikan.

Dalam mencatat akrual tersebut, harus dibuat entri agar bisa menyesuaikan debit biaya perbaikan dan juga kredit biaya yang masih harus dibayarkan.

Contoh Akrual Pendapatan

Untuk contoh akrual pendapatan ini bisa kita lihat pada perusahaan listrik. Katakanlah selama bulan Desember perusahaan cenderung menggunakan gas alam atau batu bara sehingga tidak banyak karyawan yang menggunakan listrik untuk para pelanggan pada bulan Desember.

Namun, utilitas tidak menagih pada layanan listrik tersebut sampai pembacaan meterannya meningkat di bulan Januari.

Baca Juga : Tujuan ANggaran Dan Jenis-jenisnya Untuk Bisnis Anda

laporan keuangan memerlukan penyesuain akrual dan menyebabkan beberapa kondisi, yaitu:

  • Laporan laba rugi fi bulan Desember dan tahun berjalan akan melaporkan seluruh pendapatan yang didapatkan perusahaan listrik.
  • Neraca pada tanggal 31 Desember akan melaporkan seluruh aset lancar untuk jumlah yang berhak diterima dari para pelanggan. Hal ini termasuk jumlah listrik yang disediakan pada bulan Desember.
  • Nantinya, Penyesuaian akrual akan mendebit seluruh aset lancar piutang tak tertagih dan akan mengkredit laporan laba rugi dari adanya pendapatan listrik yang sebelumnya memang masih ada.

Dengan menggunakan metode ini, maka beban akuntansi bisa diimbangi dengan pendapatan yang terdapat pada laporan laba rugi. Hal ini pun nantinya akan memberikan gambaran yang lebih baik terkait kondisi keuangan perusahaan.

Keuntungan dan Kerugian dari Akuntansi Berbasis Akrual

Akuntansi akrual mampu memberikan gambaran yang sangat akurat terkait performa perusahaan secara real time. Kenapa? Karena perusahaan mengakui pendapatan saat mereka menyediakan produk barang atau jasa. Selain itu, perusahaan akan mengakui beban jika sudah menerima produk ataupun layanan dari pemasok.

Berbeda dengan metode kas, di dalamnya tidak mampu memberikan gambaran yang baik terkait uang yang dimiliki perusahaan. Walaupun dalam metode akrual uang belum masuk ke akun, namun Anda sudah bisa mengklaimnya sebagai pendapatan karena Anda sudah memberikan produk barang atau jasa, dan Anda berhak menariknya kapanpun Anda mau.

Baca Juga : Cara Aktivasi Database Accurate online

Software Akuntansi untuk mempermudah pencatatan

Metode akrual juga akan memungkinkan perusahaan untuk bisa memanipulasi laba bersih dengan cara mengenali pendapatan lebih awal ataupun lebih lambat.

Untuk memudahkan dalam pencatatan dengan metode akrual ada baik nya menggunakan software akuntansi Accurate Online. Accurate adalah software yang user friendly dan memudahkan dalam pembuatan laporan secara tersistem

Anda dapat memonitori pembukuan anda dimana saja dan kapan saja tapa harus ada di kantor, dapatkan diskon 25% untuk aktivasi Accurate online disini.

Atau jika anda ingin mencoba trial kami menyediakan free trial 30 hari full akses disini.

Accurate Online Diskon

Related posts

Pengertian Cost Center dan Profit Center dan juga Perbedaannya.

Dewi Wahyudi

Aplikasi Akuntansi Accurate

Agus Fadhil

Pengertian Koreksi Fiskal, Penyebab, Jenis, Dan Tujuannya

Rika Angraini
Accurate Online Diskon