Accurate Online

Terhindar dari Fraud dengan Software Accurate Cloud

fraud dalam bisnis

Fraud dalam bisnis adalah dalah tindakan curang yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan diri sendiri, kelompok, atau pihak lain (perorangan, perusahaan atau institusi). Dan tindakan fraud ini hampir terjadi dalam setiap bisnis, baik dalam perusahaan besar, menengah maupun kecil. Lalu bagaimana agar bisnis dapat terhindar dari fraud?

fraud dalam bisnis

Fraud biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang bertujuan untuk memperkaya diri sendiri. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan oleh para pemilik bisnis agar dapat terhindar dari fraud. Fraud dapat di minimalisir dengan berbagai cara oleh pemilik bisnis salah satunya adalah dengan mengganti sistem pembukuan manual ke yang otomatis.

Baca Juga : Alasan Kenapa Setiap Pemilik Bisnis Harus Punya Laporan Laba Rugi dalam Bisnisnya

Dalam akuntansi, dikenal dua jenis kesalahan yaitu kekeliruan (error) dan kecurangan (fraud). Perbedaan antara kedua jenis kesalahan ini hanya dibedakan oleh jurang yang sangat tipis, yaitu ada atau tidaknya unsur kesengajaan. Standarpun mengenali bahwa sering kali mendeteksi kecurangan lebih sulit dibandingkan dengan kekeliruan karena pihak manajemen atau karyawan akan berusaha menyembunyikan kecurangan itu.

Ada tiga hal yang mendorong terjadinya sebuah upaya fraud, yaitu dorongan yang menyebabkan seseorang melakukan fraud (pressure), peluang yang memungkinkan fraud terjadi (opportunity), dan elemen penting dalam terjadinya fraud, dimana pelaku mencari pembenaran atas tindakannya (rationalization).

Jenis fraud berdasarkan pelaku dikelompokkan menjadi:

  1. Employee fraud (kecurangan pegawai), adalah kecurangan yang dilakukan oleh pegawai dalam suatu organisasi kerja.

  2. Management fraud (kecurangan manajemen), adalah kecurangan yang dilakukan oleh pihak manajemen dengan menggunakan laporan keuangan atau transaksi keuangan sebagai sarana fraud, biasanya dilakukan untuk mencurangi pemegang kepentingan (stakeholders) yang terkait organisasinya.

Lalu sebagai pengusaha, terutama bagi Anda yang baru merintis bisnis. Bagaimana bisa menghindari fraud yang dilakukan oleh karyawan Anda sendir. Langsung saja kita simak beberapa tips dibawah ini agar dapat terhindar dari fraud.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Daftar Google Bisnisku serta manfaatnya bagi bisnis UKM

Lakukan Kontrol Setiap Hari

Mungkin Anda tidak datang ke kantor setiap hari. Hal ini bisa saja memberikan kesempatan kepada karyawan untuk melakukan fraud. Tentunya Anda harus bisa memantau pergerakan uang bisnis dimana saja dan kapan saja. Sehingga Anda bisa melakukan kontrol dengan mudah tanpa harus datang ke kantor.

Anda juga bisa memberikan tanggung jawab kepada salah satu staff kepercayaan untuk mengelola setiap transaksi. Baik transaksi masuk maupun transaksi keluar. Semuanya harus tercatat dalam satu sistem yang bisa terintegrasi. Sehingga Anda pun dapat memantaunya.

Jalankan SOP Yang Ketat

SOP yang ketat bisa Anda terapkan pada bisnis UKM Anda. Terutama kepada staff yang memegang uang dan mengetahui jumlah uang masuk serta keluar. Anda harus bisa mencegah terjadi kecurangan pada bidang ini. Banyak pengusaha yang sulit terhindar dari fraud karena kurang mengawasinya.

fraud dalam bisnis

Meskipun sudah ada SOP, terkadang masih saja ada karyawan yang bandel. Mereka menganggap bahwa SOP hanya aturan belaka. Meskipun dilanggar tidak akan membuat mereka merasa bersalah bahkan mendapat teguran.

Untuk itu SOP harus Anda terapkan dengan baik dan dengan pasti untuk memudahkan Anda dalam pengawasan. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengawasi dengan mudah tanpa ribet harus datang ke kantor setiap harinya.

Gunakan Software Keuangan Yang Handal

accurate online

Baca Juga :

Zaman sekarang pemilik bisnis harus menggunakan software akuntansi yang mumpuni untuk mengawasi setiap pergerakan keuangan bsnis. Selain itu dengan menggunakan software ini, Anda akan lebih mudah melihat pergerakan keuangan secara berkala setiap harinya, tanpa harus ke kantor.

Dengan software akuntansi yang handal, salah satunya adalah software Accurate Online. Accurate Online akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis dalam mengawasi setiap bisnis yang Anda miliki. Karena Accurate Online memiliki fitur approval.

Dimana fitur ini hanya bisa diakses oleh admin utama saja. Misalnya admin utamanya adalah Anda sebagai pemilik bisnis. Setiap permintaan pembayaran dan pembelian sesuatu yang dibuat oleh staff Anda, Anda bisa melakukan kroscek terlebih dahulu sebelum melakukan approval. Staff Anda tidak akan bisa melakukannya tanpa ada persetujuan dari Anda. Anda bisa melakukan cek kembali untuk memastikan pembayaran dan pembelian tersebut.

Baca Juga : Tips Jitu Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Hal ini tentunya bisa menghindari terjadinya fraud dalam bisnis Anda yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil orang yang tak bertanggung jawab. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menjalankan bisnis tanpa takut terdampak fraud yang dilakukan oleh staff Anda.

Buat Staff Mencintai Perusahaan

fraud dalam bisnis

Meskipun Anda sudah menyiapkan sistem SOP yang jelas. Namun hal itu bisa saja ada celah. Cara terbaik adalah dengan membuat karyawan mencintai perusahaan. Dimana Anda harus melakukan transfer nilai-nilai kepada para staff agar mereka bisa mencintai perusahaan sepenuh hati. Hal ini untuk menghindari terjadinya fraud karena staff yang tidak mencintai perusahaan dan melakukan segala hal secara transparan.

Buatlah permulaan yang baik dalam memulai bisnis Anda dengan pembukuan yang terperinci. Gunakanlah Accurate Online untuk efisiensi dalam setiap catatan keuangan Anda. Berdiri sejak tahun 1999 dan sudah digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna di Indonesia.

Telah memenangkan Top Brand Award selama lima tahun berturut-turut sebagai software akuntansi pilihan pengguna. Jadi kenapa masih ragu? Yuks coba gratis 30 hari Accurate Online, tanpa komitmen apapun loh, cara hanya tinggal klik tautan pada gambar dibawah ini.

coba gratis 30 hari accurate online

Accurate Online lagi ada PROMO DISKON LANGSUNG 600 RIBU RUPIAH nih bro-sis! Langsung aja yuk order sekarang promonya dan pilih paketnya disini : 

Diskon Accurate

Related posts

Cara Aktifasi Database Accurate Online Menggunakan Prepaid Activation

Dewi Wahyudi

Tutorial : Modifikasi Laporan Nilai Persediaan Per Kategori Barang di AOL

Dewi Wahyudi

Peranan Faktur Penjualan Dalam Sistem Akuntansi

Rizal Syah
Accurate Online Diskon