Mengetahui Standar Akuntansi Yang Berlaku di Indonesia

Standar akuntansi adalah hal yang harus dipelajari oleh Anda yang ingin terjun serius dalam dunia Akuntansi.  Selain mempelajari hal mengenai akuntansi, Anda juga harus mengetahui aturan baku dan standar dari kegiatan pekerjaan yang nanti akan Anda jalani nantinya. Hampir setiap profesi memiliki standar atau pedoman masing – masing, begitupun dengan Akuntansi. Untuk Indonesia sendiri memiliki bermacam macam standar akuntansi yang digunakan di pelbagai entitas usaha dan organisasi. Standar akuntansi di Indonesia mengacu pada teori yang ada seperti layaknya IFRS yang di gunakan pada skala global. Sedangkan penggunaan IFRS sendiri ditentukan karena Indonesia merupakan anggota IFAC (Internatinal Federation of Accountants) yang menjadikan IFRS sebagai standar akuntansi Negara kita.

Saat ini ada 4  macam standar akuntansi yang  diterbitkan oleh Dewan Standar Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) dan 1 acuan standar yang dikeluarkan oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP). Standar yang telah ditetapkan ini banyak dipakai oleh kebanyakan entitas, baik swasta maupun lembaga negara.

Berikut adalah standar akuntansi yang berlaku di Indonesia:

  1. PSAK-IFRS

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) adalah standar praktik akuntansi yang digunakan di Indonesia, yang disusun dan diterbitkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan yang dibentuk oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Standar ini adalah aturan baku yang mengatur pencatatan, penyusunan, perlakuan, dan penyajian laporan keuangan dan digunakan untuk entitas atau perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik yaitu entitas terdaftar atau dalam proses pendaftaran di pasar modal atau entitas fidusia contohnya seperti perusahaan publik, asuransi, perbankan, BUMN. Pada tahun 2015 PSAK resmi mengadopsi Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) yang merupakah kelanjutan dari International Accounting Standars yang banyak dipakai sebagai standar akuntansi negara lain.

 

  1. SAK-ETAP

Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) dimaksudkan untuk digunakan oleh Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP), yaitu entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik signifikan; dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statement) bagi pengguna eksternal. Contoh pengguna eksternal adalah pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur, dan lembaga pemeringkat kredit.

SAK ETAP bertujuan untuk menciptakan fleksibilitas dalam penerapannya dan diharapkan memberi kemudahan akses ETAP kepada pendanaan dari perbankan. SAK ETAP merupakan SAK yang berdiri sendiri dan tidak mengacu pada SAK Umum, sebagian besar siklus akuntansinya menggunakan konsep biaya historis; mengatur transaksi yang dilakukan oleh ETAP; bentuk pengaturan yang lebih sederhana dalam hal perlakuan akuntansi dan relatif tidak berubah selama beberapa tahun.

  1. Standar Akuntansi Syariah (SAS)

Standar Akuntansi Syariah (SAS) adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah yang ditujukan untuk entitas yang melakukan transaksi syariah baik entitas lembaga syariah maupun lembaga non syariah. Pengembangan SAS dilakukan dengan mengikuti model SAK umum namun berbasis syariah dengan mengacu kepada fatwa MUI.

SAS ini mencakup kerangka konseptual; penyajian laporan keuangan syariah; akuntansi murabahah; musyarakah; mudharabah; salam; istishna.

  1. SAK EMKM

Exposure Draft Standar Akuntabilitas Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah atau ED SAK EMKM disusun untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah. Undang-Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dapat digunakan sebagai acuan dalam mendefinisikan dan memberikan rentang kuantitatif EMKM. Anda juga bisa melihat daftar buku-buku untuk akuntansi dasar untuk Anda yang sedang membangun usaha kecil menengah disini.

ED SAK ditujukan untuk digunakan oleh entitas yang tidak atau belum mampu memenuhi persyaratan akuntansi yang diatur dalam SAK ETAP. Entitas yang laporan keuangannya telah menggunakan SAK EMKM sebagai pedoman, maka entitas membuat secara eksplisit dan tanpa terkecuali tentang kepatuhan terhadap SAK EMKM dalam catatan atas laporan keuangan. Namun, tentunya kepatuhan ini dapat dilihat jika entitas benar-benar telah patuh terhadap seluruh persyaratan dalam SAK EMKM ini secara konsisten untuk transaksi, peristiwa dan kondisi lain yang serupa.

  1. Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)

Standar Akuntansi Pemerintah atau SAP adalah aturan baku yang dibuat oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintahan atau KSAP. Aturan ini adalah prinsip-prinsip akuntansi  yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah yang terdiri atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Permerintah Daerah (LKPD). Laporan keuangan pokok menurut Standar Akuntansi Pemerintah adalah Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Keseluruhan standar akuntansi keuangan tersebut banyak dipakai oleh banyak perusahaan atau entitas di Indonesia namun standar – standar ini tidak berlaku secara langsung untuk akuntansi manajemen. Sebagai akuntan, ada baiknya Anda juga harus mengerti perbedaan dari keseluruhan standar tersebut. Disisi lain, akibat disrupsi, dunia akuntansi juga berubah dengan cepat. Anda dituntut melakukan pencatatan dengan cepat dan tepat sesuai standar yang perusahaan Anda pakai. Saat ini accurate online sudah  sesuai dengan PSAK dan  perpajakan dipakai Indonesia. Anda dapat berlangganan atau mencoba demo gratis Accurate online melalui link ini

 

Kiat Jitu Mengembangkan Bisnis Online Berbagai Chanel

Cara mudah meningkatkan penjualan online di marketplace dan e-commerce di Indonesia membuat para penjual online harus bersaing dengan ketat di marketplace. Namun di era persaingan yang cukup ketat, para pedagang online tidak boleh hanya mengharapkan bisnis melalui marketplace saja. Namun harus mengembangkan bisnis online melalui berbagai channel.

Media online tak cuma bisa digunakan sebagai ajang promosi saja, melainkan untuk meng-update produk-produk Anda. Terlebih media online bisa di akses oleh siapapun. Dari anak muda hingga orang tua pun bisa membukanya kapan dan dimana saja. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para pebisnis.

Cara Mengembangkan Bisnis Online melalui berbagai Channel

Sudah seharusnya Anda mengetahui beberapa kiat-kiat jitu mengembangkan bisnis online melalui berbagai channel. Seperti inilah cara-caranya :

1. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Anda bisa mengembangkan bisnis melalui media soial. Media sosial menjadi salah satu media online yang paling banyak dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia.Kelebihan dari media sosial adhttps://antijobless.com/3-alasan-kenapa-harus-manfaatkan-media-sosial-untuk-bisnis/alah mempunyai jaringan yang sangat luas dan penyampaian informasi yang cepat.

Dengan ini, Anda tak perlu repot-repot berpromosi kepada orang lain satu per satu. Cukup mengunggah produk di media sosial, maka setelah itu dapat dilihat oleh semua orang dalam jaringan Anda.

Beberapa contoh media sosial yang kini digandrungi oleh para pebisnis adalah Facebook, Instagram, Youtube dan sebagainya. Anda bisa berbagi mengenai rincian dan detail produk agar calon pembeli dapat mengetahui semua informasinya.

Di media sosial seperti Facebook dan Instagram juga terdapat fitur live streaming yang bisa digunakan untuk mengobrol dengan pelanggan secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan menggunakan jasa endorse melalui Instagram.

2. Menggunakan Jasa SEO.

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah cara untuk membuat website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian. Anda tentu pernah menggunakan beberapa mesin pencarian seperti Google atau Yahoo untuk mencari topik tertentu kan? Nah, saat halaman pencarian muncul, secara refleks Anda pasti akan membuka website yang ada di posisi puncak. Dan jika bisa melaksanakan sendiri todak usah menggunakan Jasa SEO cara nya dapat seacrh di di goole

Inilah peran jasa SEO. Menggunakan SEO akan membantu website Anda berada di posisi teratas Google dengan mengandalkan kata kunci tertentu. Dengan begini, website Anda akan semakin sering dikunjungi dan peluang produk terjual akan semakin besar

3. Akun Youtube

 

3mereka sukai.

Bagi pebisnis online, memiliki akun Youtube menjadi satu keharusan yang wajib ada. Sebab, orang Indonesia adalah orang yang lebih suka menonton video dibandingkan dengan membaca sebuah artikel.

Akun Youtube Anda bisa digunakan sebagai sarana pengenalan produk. Atau Anda bisa membuat akun Youtube mengenai kegunaan produk yang Anda jual. Sehingga para calon konsumen bisa lebih mudah dalam memahami mengenai produk yang Anda jual.

4. Membuat Website Atau Blog.

Website atau situs web adalah sebuah halaman yang dibuat melalui platform tertentu demi kepentingan suatu pihak. Website merupkansebuah rumah dalam berbisnis. Disini kepentingan Anda adalah berbisnis, sehingga website ini akan menampilkan semua rincian yang dibutuhkan bagi bisnis Anda.

Website dinilai lebih eksklusif sebab Anda bisa memaparkan apapun, mulai dari visi misi perusahaan atau bisnis yang dijalankan, produk-produk, berita terkini, dan sebagainya.

Bahkan Anda juga bisa memasang iklan pada website untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa tambahkan juga konten-konten menarik pada website supaya tidak terkesan sepi dan para pembeli dapat memperoleh informasi lain yang berguna. Desain website semenarik mungkin, namun jangan berlebihan untuk menghindari suasana monoton. Hati-hati karena para pembeli dapat menilai kualitas bisnis Anda dari layout dan isi website.

5. Email Blast

Email blast atau yang sering disebut dengan email marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan dengan mengirim email ke seluruh daftar email yang Anda miliki. Umumnya jika perusahaan besar menyebut hal ini sebagai database pelanggan.

Sebagai pengusaha yang baru terjun ke dunia bisnis, Anda bisa memanfaatkan email blast dengan menggunakan email-email pelanggan lama. Email marketing ini dapat menggunakan Mail Chimp Langkah ini juga bisa Anda lakukan untuk memperluas jaringan bisnis Anda ke seluruh rekanan maupun klien.

Mengembangkan bisnis melalui media online adalah cara yang memang sewajarnya dilakukan pada jaman sekarang. Mengingat pengguna teknologi sudah hampir merata ke seluruh dunia. Sehingga cara ini dinilai paling efektif untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda dan menjangkau konsumen dengan lebih luas.

Accurate MGK Kemayoran

#Accurateaccountingsoftware#accurate online

#accurate sistem#sistem accurate#sistempembukuan

#accurat eonline

7 Tips Memasang Iklan Di Media Sosial

Seiring banyaknya bisnis online, Iklan menjadi satu hal yang sangat penting dalam berpromosi atau memasarkan produk. Dalam dunia digital, iklan dapat dipilih melalui beragam macam kanal. Salah satunya adalah sosial ads atau banner yang nantinya akan muncul di media sosial, seperti Facebook, Youtube, Twitter dan sejenisnya.

Beberapa tahun belakangan, iklan di media sosial cukup banyak digunakan oleh berbagai brand. Contohnya saja di Youtube, saat ini Youtube menjadi salah satu media sosial yang paling ampuh dalam ber-iklan dibandingkan media televisi.

Iklan media sosial menjadi incaran para pemilik brand untuk membangun branding dan awareness bagi brand yang mereka miliki. Media sosial dianggap sebagai media paling efektif dalam beriklan.

Tetapi dalam memasang iklan di media sosial bukan suatu hal yang mudah. Anda perlu mengetahui 4 tips memasang iklan di media sosial berikut ini. Hal ini menjadi penting, karena dengan mengetahui tips ini maka Anda dapat memilih iklan sosial ads yang cocok untuk brand produk Anda.

1. Buatlah Konten Iklan yang Menarik dan Viral

Fenomena viral akan sangat membantu brand Anda naik dengan pesat secara gratis. Itulah mengapa membuat konten yang menarik dan dapat berpotensi menjadi viral menjadi salah satu tips memasang iklan di sosial media.

Dengan menjadi viral, maka Anda akan mampu menjangkau audiens luas secara gratis. Nantinya jika konten iklan Anda tergolong menarik dan berpotensi viral, maka akan dipasang di awal media sosial. Hal ini bertujuan agar iklan tersebut dapat mematik viralitas.

2. Jual Produk yang Impulsive

Iklan di media sosial sangat potensial diterapkan untuk produk yang dapat dibeli secara impulsive. Anda hanya perlu memastikan bahwa iklan tersebut terlihat menarik dan meyakinkan, sehingga orang akan membeli secara tiba-tiba tanpa berfikir lebih panjang. Meskipun mungkin produk tersebut kurang begitu dibutuhkan, namun konsumen tetap ingin menggunakan atau membeli, karena tertarik dengan iklan yang bagus.

Meskipun demikian, ada produk-produk kategori tertentu yang sangat efektif untuk dipasarkan melalui iklan di media sosial. Misalnya produk fashion dan pernak-pernik yang secara penampilan menarik dan harganya pun terjangkau, seperti di bawah 300 ribu. Atau untuk start up game, Anda bisa menciptakan game yang bisa dimainkan secara gratis hingga pada level tertentu.

3. Iklankan Produk yang Baru dan Unik

Jika produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan merupakan produk yang masih baru dan unik, maka memasang iklan di media sosial bisa menjadi bentuk terobosan dan promosi untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Anda bisa belajar dari jejaring arisan online, seperti Okupo atau peer to peer lending, seperti Amartha. Jasa layanan seperti ini tergolong baru, meskipun sebenarnya hanya menggantikan produk konvensional yang pernah ada.

4. Desain Iklan Mobile Friendly

80 % pengguna media sosial membuka media sosial melalui smartphone. Ini harus menjadi acuan Anda sebelum memasang iklan di media sosial. Usahakan desain iklan pada media sosial yang Anda buat haruslah mobile friendly.

Jangan sampai, ketika Anda memasang iklan, banner iklan yang Anda pasang malah sulit di buka atau cukup lama di buka. Jika hal itu terjadi, orang-orang yang enggan membuka iklan Anda.

5. Konsep Iklan Remarketing dan Retargeting Layak Dicoba

Produk yang bisa ditawarkan kepada khalayak bermacam-macam bentuknya. Dari banyaknya produk tersebut, ada beberapa jenis produk yang tidak seketika akan dibeli oleh konsumen manakala melihat iklan.

Bahkan sebagian besar konsumen akan melakukan riset dengan mencari informasi dan bertanya, kemudian membandingkan produk serupa dengan brand milik yang lainnya. Setelah ketemu mana yang sekiranya terbaik, maka akan di beli atau dieksekusi.

Mengonsep iklan produk sebagai bentuk peringatan kembali dan penargetan kembali akan sangat cocok jika diterapkan pada produk seperti pemesanan tiket, pembelian gadget, pemesanan hotel dan lain sejenisnya. Dalam hal ini, Anda bisa menargetkan mereka yang pernah membuka situs website Anda, kemudian menargetkan kembali mereka ke fans atau follower di media sosial.

6. Fitur Penargetan Penting untuk Menyasar Konsumen

Berbeda dengan iklan di media massa yang tidak memiliki fitur penargetan, di media sosial memiliki fitur target yang bisa menyasar langsung orang-orang yang menjadi target pasar Anda. Inilah salah satu keunggulan beriklan di media sosial.

Di media sosial Anda bisa ber-iklan dengan menargetkan karakter dari pengguna media sosial. Misal, Anda ingin menargetkan para ibu-ibu rumah tangga. Anda bisa menyesuaikannya dengan benar dan calon customer akan melihat iklan Anda.

7. Pantau Iklan

Ketika Anda sudah memasang iklan di media sosial, bukan berarti Anda melepas iklan begitu saja. Tetapi Anda harus tetap memantau iklan yang Anda buat tersebut. Memantau iklan yang sudah terposting untuk melihat apakah iklan yang Anda buat sudah berhasil atau tidak.

Jika iklan tidak Anda pantau, apabila iklan tidak berhasil hal tersebut bisa membuat Anda rugi. Karena Anda sudah berinvestasi cukup besar untuk memasang iklan di media sosial. Ketika Anda melakukan monitoring, Anda diwajibkan untuk cepat dalam mengambil keputusan.

Itulah 7 tips memasang iklan di media sosial yang perlu Anda terapkan. Hal ini menjadi penting, agar Anda sebagai pemasar atau founder start updigital tidak merasa kebingungan dalam menentukan prioritas, termasuk menentukan segmentasi pasar yang efektif. Dengan memasang iklan di media sosial, Anda juga lebih mudah dalam meningkatkan promosi melalui data informasi yang lebih terperinci, akurat dan iklan yang menarik.

Begini Cara Memilih Software Akuntansi Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Di jaman Now, semakin banyak pelaku bisnis UKM yang bermunculan. Namun tak semuanya memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sehingga ada beberapa yang cukup memiliki kesulitan dalam menyusun laporan keuangan untuk bisnisnya. Kabar baiknya, kini tak perlu khawatir karena banyak software akuntansi yang bisa membantu menyelesaikan laporan keuangan Anda. Anda tak perlu bingung memilih, berikut tips yang bisa Anda coba.

nterface Design yang User Friendly

Pertama, lihat user interface-nya. User interface yang user friendly akan memudahkan Anda menyelesaikan tugas laporan keuangan. Sebaliknya, jikauser interface kurang user friendly, maka bisa jadi Anda akan kesusahan dalam menjalankannya. Hal ini juga akan merugikan Anda dari sisi waktu. Pilih software akuntansi dengan flow kerja yang mudah dipahami.

Apakah Fiturnya Sesuai dengan Keinginan Anda?

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh software tentunya akan membuat Anda tergiur, bukan? Pada umumnya, masing-masing software akuntansi memiliki fitur dasar yang sama. Meskipun begitu, Anda tetap harus bisa memilih yang terbaik untuk bisa benar-benar membantu penyusunan laporan keuangan Anda. Jika Anda bingung karena semua memiliki fitur yang hampir sama, kembali lagi ke poin 1, yakni pertimbangkan user interface-nya.

Keamanan Harus Terjaga

Dalam prosesnya, Anda akan meng-input informasi keuangan Anda pada software tersebut secara online. Apakah Anda yakin akan hal ini? Tentu saja ini membuat orang lain juga bisa melihat data keuangan Anda,bukan? Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan sistem keamanannya. Pastikan Anda memilih software yang sangat aman karena Anda tidak mau informasi keuangan perusahaan Anda dilihat oleh pihak-pihak yang tidak berkenan, bukan?

Sesuaikan Harganya dengan Kantong

Bisa dibilang, faktor yang satu ini adalah vital atau sangat penting . Besarnya budget yang Anda anggarkan juga akan mempengaruhi spesifikasi software yang Anda pilih. Tak perlu memilih tergiur dengan software yang menawarkan fitur yang beragam karena belum tentu Anda memerlukan fitur-fitur tersebut dan justru akan sia-sia Anda membayarnya. Ingat, Anda harus mengontrol keuangan sebijak mungkin demi kelangsungan bisnis Anda.

After Sales Service

Pastikan software akuntansi yang Anda pilih memiliki layanan after sales. Hal ini akan Anda butuhkan ketika melakukan kesalahan dalam proses input sehingga berdampak pada laporan yang Anda buat selama ini. Begitu pula jika ternyata software rusak. Jika produsen yang Anda pilih memiliki layanan ini, tentu saja Anda tak perlu khawatir karena hanya perlu meneleponnya untuk mencari tahu langkah apa yang bisa dilakukan untuk membereskan masalah tersebut.

Adanya software akuntansi bisa membuat pekerjaan Anda lebih ringan. Selain itu, biayanya juga tidak semahal seperti mempekerjakan seorang akuntan. Jadi, sudah menemukan softwareakuntansi mana pilihan Anda?

Ingin pembukuan lancar, pakai software akuntansi accurate

Software Akuntansi Accurate

#accurateBandung#accurate Batam#AccurateBali

#accurate accounting software#accuarte online#sitem akuntansi

#software akuntansi murah

 

Panduan Melakukan Stock Opname Melalui Accurate Online

Pengertian dan Fungsi Stock Opname Dalam Kelangsungan Bisnis

Stock opname adalah kegiatan  perhitungan persediaan baik bahan baku atau barang jadi yang dilakukan dengan interval tertentu tergantung kebijakan bisnis, seperti setiap bulan, perkuartal atau pertahun. Banyak jenis perusahaan, seperti yang bergerak di bidang ritel, grosir, konstruksi, manufaktur, dan penyimpanan, menangani berbagai jenis barang dan dalam jumlah besar. Beberapa dari barang-barang ini mungkin merupakan stok untuk dijual, sementaraada barang yang berupa peralatan yang digunakan perusahaan dalam operasinya. Melakukan stock opname memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dengan tepat stok dan aset apa yang dimilikinya dan menata tata letak barang pada gudang agar dapat menemukan stok dan aset tersebut dengan cepat tepat saat dibutuhkan.

Melakukan kegiatan stock opname merupakan kegiatan yang memakan waktu, terlebih jika bisnis Anda menggunakan banyak gudang. namun dengan Accurate online Anda bisa membuat kegiatan stock opname menjadi lebih mudah dan cepat. Tentunya hal ini bisa menjadikan bisnis Anda lebih cepat berkembang dengan pesat.

Tahap Melakukan Stock Opname Pada Accurate Online

Untuk mendapatkan laporan stock opname pada Accurate Online ada beberapa yang langkah yang harus Anda lakukan. Tahap ini dibagi menjadi 2 proses yaitu perintah stock opname dan hasil stock opname. Perintah stock opname dapat diilustrasikan sebagai pembuatan surat kerja bagi karyawan tertentu untuk melakukan stock opname untuk kategori barang tertentu. Sedangkan hasil stock opname adalah proses pencocokan atau adjustment hasil perintah stock opname dan pencatatan di Accurate Online

Membuat Perintah Stok Opname

Membuat perintah dan mengsksekusi Stok Opname merupakan fitur yang berada pada menu Inventory yang berfungsi untuk melakukan stok opname atas barang-barang yang ada di gudang. Pada Perintah Stok Opname akan diinformasikan Tanggal Mulai Stok Opname, Penanggung Jawab, Gudang, dan Kategori Barang yang akan dilakukan stok opname.

Berikut adalah gambaran cara melakukan perintah stok opname

1. Klik menu Persediaan lalu pilih opsi Perintah Stok Opname.

stock opname accurate online 1

2.  Lengkapi kolom Tanggal MulaiPenanggung JawabDikerjakan OlehGudang, dan isi informasi lain yang dibutuhkan.

stock opname accurate online 2

3. Setelah lengkap, klik Simpan.

stock opname accurate online 3

4. Untuk melihat daftar Perintah Stok Opname yang telah dibuat, klik tombol  yang diberi tanda lingkaran. Akan ada kolom yang terdapat nomor perintah stok opname, klik nomor Perintah Stok Opname yang akan dieksekusi.

stock opname 4 accurate online

5. Pada Perintah Stok Opname yang sudah dibuatkan Hasil Stok Opname nya akan muncul tombol Proses Opname, klik tombol tersebut untuk mengeksekusi Hasil Stok Opname yang telah dibuat.

6. Pada saat klik Proses Opname akan muncul pesan seperti pada gambar berikut. Anda klik Ya, jika sudah yakin dengan Hasil Stok Opname yang telah dibuat.

stock opname accurate online 6

8. Transaksi hasil eksekusi ini adalah Penyesuaian Persediaan yang bisa dilihat pada Daftar Penyesuaian Persediaan.

stock opname accurate online 7

Membuat Hasil Stock Opname

Hasil Stok Opname merupakan lanjutan dari proses Perintah Stok Opname yang telah dibuat sebelumnya. Transaksi yang dihasilkan dari Hasil Stok Opname ini berupa transaksi Penyesuaian Persediaan. Seperti yang telah kami katakan diatas, hasil stok opname adalah proses pencocokan atau adjustment hasil perintah stok opname dan pencatatan di Accurate Online.

Berikut adalah cara untuk membuat Hasil Stok Opname

1. Klik menu Persediaan lalu pilih opsi Hasil Stok Opname.

stock opname accurate online 25

2. Lengkapi kolom Tanggal Opname, lalu pilih Perintah Opname yang akan dieksekusi, kemudian pada bagian Cari/Pilih Barang, masukan nama barang yang akan dimasukan Hasil Stok Opname nya.

stock opname accurate online 25

3. Masukan jumlah kuantitas hasil stok opname pada kolom Kuantitas. Setelah selesai klik Lanjut

stock opname accurate 45

4. Untuk melihat Hasil Stok Opname yang telah dibuat, klik tombol  yang diberi tanda lingkaran.

stock opname accurate online 15

Seperti itulah cara melakukan stok opname melalui Accurate Online. Mudah bukan? Ada hal penting yang mungkin perlu Anda ingat dalam melakukan stok opname yaitu;

  • Jika ditemukan barang lebih banyak daripada yang tertulis dalam laporan stok opname, maka bisa dilakukan pengecekan ulang  kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan.
  • Jika terjadi kekurangan, biasanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang atau perusahaan membebankan kepada petugas bagian gudang untuk melakukan pengantian atas kekurangan barang.

Rahasia Mendapatkan Penghasilan Ketika Membuka Usaha Di Daerah Sepi

,

Rahasia Mendapatkan Penghasilan Ketika Membuka Usaha Di Daerah Sepi

Membuka Usaha Di Daerah Sepi – Keluhan yang sering dialami oleh Pengusaha Pemula adalah menjual produknya. Meskipun bisa menyediakan produk, namun memasarkannya bukan perkara yang mudah. Akibatnya, sulit mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pengusaha tersebut.

Tidak terjualnya produk ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Banyaknya pesaing serta kurang kreatifnya pengusaha baru adalah contoh paling nyata. Tentunya ini tidak mengecualikan pengusaha yang membuka usahanya di pedesaan.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha di desa tanpa khawatir sepinya pelanggan, kami akan bagikan beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Jelilah Dalam Memandang Potensi Yang Ada Di Daerah

Potensi pengusaha yang muncul di desa sangat terbuka lebar. Sumber daya manusianya yang harus dibentuk, dilatih supaya mau membuka usaha tertentu. Pelatihan wirausaha bisa menjadi opsi terbaik untuk membuka wawasan terkait usaha.

Ketika Anda ingin membuka usaha, ada baiknya cermati terlebih dahulu potensi usaha di sekitarnya. Apa yang sangat dibutuhkan oleh warganya. Itulah yang sebaiknya dimanfaatkan.

Di pedesaan, cukup banyak hal yang bisa dimanfaatkan. Secara, belum banyak warga yang memasuki peluang usaha tersebut. Ini berarti kans untuk sukses di daerahnya sendiri terbuka lebar.

Contoh jenis usaha yang sangat dibutuhkan oleh warga pedesaan adalah sembako dan perlengkapan pertanian. Keduanya banyak dicari warganya. Ketika Anda membuka usaha tersebut, warga bisa datang pada usaha Anda ketimbang harus keluar ke daerah lain.

Memberikan Tawaran Harga Yang Masuk Akal

Usaha sepi bukan hanya berkaitan dengan tempatnya yang memang sepi saja. Tetapi bisa jadi disebabkan oleh biaya untuk membelinya.

Warga di pedesaan pastinya akan menghitung sendiri. Jika dirasa masih untung membeli di suatu daerah ketimbang di usaha Anda yang terdekat, warga tetap memilih untuk membelinya di daerah lain. Sekali lagi, ini berhubungan dengan biaya.

Menyadari cara berfikir warga setempat, Anda dituntut untuk lebih jeli dalam mengatur harga. Akan lebih baik mendapatkan keuntungan kecil tapi produknya bisa segera laris di pasaran.

Jika dihitung secara keseluruhan, keuntungan kecil akan terakumulasi sendiri. Keuntungannya bisa lebih besar dan lebih cepat.

Namun harus diingat, Anda juga harus jeli dalam menentukan agen. Carilah agen atau distributor yang bisa memberikan tawaran produk lebih murah. Dengan cara ini, harga yang Anda tetapkan pada warga tidak akan terlalu mahal.

Memanfaatkan Internet Sebagai Sarana Pemasaran

Kecanggihan teknologi agaknya harus dimanfaatkan. Media internet menjadi cara paling ampuh untuk menemukan sejumlah pelanggan. Anda yang telah memanfaatkannya bisa merasakan dampak positifnya.

Perlu dipahami bahwa internet bisa menjadi media untuk mempromosikan produk daerah. Produk yang mungkin tidak disukai warga sekitar bisa saja dicari oleh warga lain. Tentunya warga dari daerah lain inilah yang bakalan menjadi pelanggan Anda.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Bisa juga dengan memanfaatkan website/toko online. Kesemuanya bisa dimanfaatkan demi menjaring pelanggan dari luar daerah.

Yang tak kalah penting, selalu bangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan. Berikan pelayanan yang memudahkan, harga yang masuk akal dan kepuasan dalam pengiriman.

Jika telah mendapatkan pelanggan, silahkan catat nomer teleponnya. Simpan kontak pelanggan. Barangkali ada produk baru lainnya bisa dikabarkan padanya. Dengan cara ini, pelanggan potensial bisa membelinya pada Anda.

Itulah rahasia sukses untuk membuka usaha / Pengusaha pemula  di daerah yang sepi. Kunci utamanya adalah melihat produk yang paling dibutuhkan, harga bersahabat dan mengambil inisiatif pemasaran yang bisa menargetkan pelanggan baru dari luar daerah.

Software Accurate , Program accurate , software akutansi , accurate online 

Diferensiasi Produk: Pengertian, Strategi & Dampak Bagi Bisnis

Apa itu diferensiasi produk?

Diferensiasi produk adalah proses yang membedakan produk atau layanan Anda dengan pihak lain. Proses ini melibatkan detail karakteristik setiap produk yang dihargai oleh konsumen  dan menjadikan hal ini unik. Ketika berhasil, diferensiasi produk menciptakan keunggulan kompetitif dikarenakan pelanggan melihat produk Anda sebagai yang superior.

Mengapa diferensiasi produk itu penting?

Penting bagi perusahaan untuk berbeda dengan kompetitor, dikarenakan ada ratusan produk baru yang masuk ke pasar setiap hari. Ketika dihadapkan dengan terlalu banyak pilihan, konsumen akan bingung dalam memilih dan pada akhirnya membuat keputusan untuk tidak membeli. Itulah mengapa sangat penting untuk bisnis Anda menemukan cara agar produk Anda terlihat “menonjol” dan dianggap unik serta berharga daripada barang yang serupa.

Tim pemasaran akan berusaha menjelaskan kepada semua pelanggan apa kelebihan yang ditawarkan produk Anda dan membandingkannya dengan pesaing. Jika perusahaan Anda memiliki banyak produk, pastikan setiap produk memiliki identitas yang jelas untuk menghindari kebingungan saat konsumen menentukan pilihan. Membuat produk yang berbeda adalah hal yang menarik bagi calon konsumen. Hal ini dapat membantu membangun keunggulan kompetitif produk dibandingkan merek lain.

Strategi Diferensiasi Produk

Strategi diferensiasi produk yang baik dapat memperoleh loyalitas merek, hal terpenting untuk setiap bisnis yang sukses. Strategi ini berfokus pada persepsi nilai pembeli. Selama penjual terus memberikan kualitas pelayanan tertinggi, basis pelanggan akan tetap loyal.

Segmentasi pasar saat ini dihadapkan dengan persaingan bisnis yang sangat kompetitif. Jika suatu produk tidak memiliki kualitas tinggi secara konsisten, konsumen akan beralih ke pilihan lain. Membuat produk yang unik tidak akan cukup untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dari diferensiasi produk jika pembeli tidak mengetahui perbedaan produk Anda dengan merek lain.

Penjual harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang harapan pembeli dan bagaimana produk akan digunakan. Misalnya, tujuan membeli mobil adalah untuk alat transportasi, tetapi jika membeli mobil tersebut  juga akan memberikan perasaan pencapaian dan harga diri yang tinggi, maka penjual akan memiliki keunggulan kompetitif atas produk mobil yang ia pasarkan.

Cara lain diferensiasi produk sangat penting adalah memberikan kontribusi terhadap persepsi pembeli bahwa tidak ada merek yang serupa dengan produk yang kita pasarkan. Diferensiasi produk akan menyoroti hal yang membedakan produk kita dengan kompetitor. Konsumen akan melihat bahwa produk kompetitor tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini meningkatkan harapan konsumen tentang kesadaran standar kualitas yang akan mereka terima.

Cara Untuk Membedakan Produk Anda

Anda tidak ingin produk Anda terlihat aneh hanya kerena ingin produk Anda terlihat berbeda bukan? Sebaliknya, pertimbangkan apa yang paling penting bagi pelanggan Anda dan biarkan hal itu mendorong keputusan Anda tentang cara membedakan produk Anda. Diferensiasi produk Anda harus muncul setelah secara hati-hati meneliti persaingan dan hal ini harus menjadi bagian dari visi produk Anda yang lebih besar.

pentingnya manfaat dalam deprisiasi produk

Manfaat

Nilai apa yang bisa didapatkan pelanggan bila menggunakan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor? Masalah apa yang akan dipecahkan oleh produk yang Anda buat? Bagaimana itu akan membuat calon konsumen lebih mudah dan lebih baik? Misalnya, produk Anda mungkin satu-satunya  aplikasi seluler dapat mengetahui cuaca di daerah tertentu secara real-time. Hal seperti ini sangat dibutuhkan bagi mereka pekerja lapangan.

Desain

Apakah produk Anda memiliki desain berbeda dan membedakannya dari yang lain? Misalnya, produk Anda ramping dan memiliki pengalaman pengguna yang sederhana, sementara penawaran pesaing Anda tampak kuno dan ketinggalan jaman. Perbedaan ini dapat membantu pelanggan terhubung dengan merek Anda. Contohnya adalah tentang kepekaan desain modern dari termostat merek Nest. Alih-alih menyalin bentuk persegi panjang pada termostat lain, perusahaan ini memilih lingkaran sederhana dengan tampilan yang mudah dibaca dan berubah warna.

desain dalam deferensiasi produk

harga dalam deferensiasi produk

Harga

Apakah harga produk Anda lebih rendah atau lebih tinggi dari produk pesaing Anda dan produk lain yang Anda tawarkan? Harga Anda harus mencerminkan nilai keseluruhan nilai dan fitur yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda dapat membenarkan harga yang lebih tinggi jika pelanggan mengetahui bahwa produk Anda menawarkan kualitas yang terbaik di kelasnya. Ini yang dilakukan perusahaan mobil Ferrari yang memasang harga yang terbilang tinggi untuk setiap mobil keluaran mereka. Namun sebaliknya, memberikan harga yang terlalu rendah pada produk Anda, dapat membuat pelanggan mungkin menganggap produk Anda bukan pilihan terbaik.

Kualitas

Apakah produk Anda bekerja atau memiliki mutu lebih baik daripada produk pesaing Anda? Apakah Anda menawarkan beberapa fungsi yang tidak dimiliki pesaing Anda? Dapatkah pengguna atau konsumen mengharapkan produk bertahan lebih lama daripada produk lain? Keunggulan kompetitif produk Anda mungkin memang terbukti sebagai konstruksi yang unggul dan dapat diandalkan.

kualitas produk dalam diferensiasi produk

pelayanan pelanggan dalam diferensiasi produk

Pelayanan pelanggan

Fitur produk Anda mungkin mirip dengan yang lain dalam banyak hal. Namun, Anda dapat membedakan produk Anda melalui pengalaman pemakaian produk Anda dengan cara mengumpulkan tim pelayanan pelanggan yang profesional agar mendapatkan reputasi yang responsif terhadap kebutuhan, permintaan, dan ide pelanggan. Aftersales dalam bisnis adalah hal yang sangat penting. Perlu Anda ketahui, menjaga kesetiaan konsumen terhadap produk Anda lebih sulit daripada hanya sekedar mendapatkan konsumen yang baru.

Kesimpulan

Pada akhirnya, cara Anda men-diferensiasi produk Anda tidak boleh berupa keputusan yang sewenang-wenang atau respons reaktif terhadap apa pun yang dilakukan pesaing Anda. Sebaliknya, diferensiasi produk Anda harus muncul dari strategi tujuan tingkat tinggi dan inisiatif khusus untuk produk Anda dan bisnis Anda. Bersamaan dengan hal itu, menggunakan alat yang tepat untuk bisnis Anda merupakan hal lain yang bisa membuat bisnis Anda tumbuh secara optimal. Misalnya alat untuk pencatatan transaksi dan akuntansi. Di era kecepatan informasi seperti saat ini, memilih aplikasi akuntansi yang bisa digunakan di kapanpun dan dimanapun adalah salah satu hal yang wajib bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis. Accurate online adalah solusi kemudahan bisnis Anda. Accurate online adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan dimana saja dan kapan saja. Penggunaan yang mudah dan juga laporan yang dihasilkan Accurate online sangat lengkap, mulai dari laporan laba rugi sampai dengan laporan pajak yang berlaku di Indonesia. Accurate online sendiri sudah ada sejak tahun 1998 dan sudah banyak dipakai UKM dan juga perushaan multinasional, jadi tunggu apa lagi? Anda bisa mencoba demo Accurate online secara GRATIS

Mudahnya Memuat Laporan Keuangan Sederhana

Ketika berbicara mengenai dunia usaha, khususnya perusahaan berskala besar, tentu tak lepas dari yang namanya Laporan Keuangan. Dimana Laporan Keuangan yang rapi dan akurat tersebut akan digunakan untuk melihat bagaimana kinerja perusahaan mulai dari Laba Rugi, Posisi Keuangan, hingga catatan-catatan atas Laporan Keuangan. Dan tentunya informasi tersebut tak hanya digunakan untuk pimpinan perusahaan saja, tetapi juga untuk para investornya.

Lalu bagaimana jika Anda adalah pemilik Usaha Kecil dan Menengah ? Yups, tentu saja Anda juga akan memerlukan Laporan Keuangan sebagai sumber informasi untuk mengambil kebijakan dalam menghadapi persaingan usaha. So, jika Anda ingin usaha yang Anda kelola terus berkembang dan memiliki arah yang jelas hingga menjadi perusahaan berskala besar, Anda bisa memulainya dengan menyusun Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM. Yang mana, laporannya disusun sesederhana mungkin agar lebih simple tapi tetap informative.

Membahas Laporan Keuangan Sederhana  untuk UKM, nyatanya juga tak lepas dari ilmu Akuntansi loh, khususnya pemahaman tentang Siklus Akuntansi yang memuat beberapa aktivitas, yaitu Pencatatan, Penggolongan, Pengikhtisaran, dan Laporan Keuangan. Nah, itulah proses penyusunannya. Tapi, jika Anda masih kesulitan karena Siklus Akuntansi terlalu panjang, Anda bisa menggunakan cara simple di bawah ini dalam penyusunan Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM Anda.

1. Pembagian Jenis Buku sesuai Transaksi

Dalam proses ini, Anda perlu membagi pencatatan transaksi sesuai jenisnya. Kemudian siapkanlah satu buah buku untuk mencatat transaksi secara keseluruhan yang sifatnya seperti buku Jurnal. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan beberapa buku lagi yang masing-masing diberi nama Buku Kas, Buku Persediaan Barang, Buku Pembelian Barang, Buku Penjualan, Buku Beban atau Biaya, Buku Piutang, dan Buku Utang.

2. Mengakumulasi masing-masing Buku Catatan

Jika sudah di akhir periode, Anda bisa mengakumulasikan total transaksi yang ada di setiap bukunya. Dengan begitu, Anda dapat menghitung Pendapatan usaha Anda dengan menggunakan rumus berikut :

  • Harga Pokok    = Saldo Persediaan Awal + Pembelian – Persediaan Akhir
  • Laba Kotor       = Penjualan – Harga pokok pembelian
  • Laba Bersih      = Laba Kotor – Biaya

Nah, jika kedua point di atas sudah Anda jalankan, selanjutnya Anda bisa menyusun Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM yang terdiri dari beberapa jenis. Perhatikan point-point berikut :

3. Pencatatan Sesuai Nama Buku

Setelah menyiapkan buku sesuai dengan namanya, setiap transaksi yang terjadi, Anda harus mencatatnya secara terpisah di masing-masing buku tersebut. Hal ini sama seperti proses posting dari Jurnal ke Buku Besar dalam Siklus Akuntansi.

Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi merupakan laporan yang berisi Pendapatan, Beban atau Biaya, serta Laba atau Ruginya suatu usaha. Sehingga fungsinya sangat penting untuk mengambil kebijakan dalam persaingan usaha. Proses penyusunannya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan informasi dari buku catatan Anda sebelumnya, yaitu memindahkan saldo Pendapatan serta Beban atau Biaya. Adapun rumus untuk menghitung Laba Rugi yaitu Pendapatan dikurangi Beban atau Biaya.

Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas

Dalam Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM, jenis laporan ini hanya menyajikan informasi Modal usaha. Yaitu Modal yang belum mengalami perubahan, hingga mengalami perubahan karena pengaruh Laba atau Rugi dari Laporan Laba Rugi. Penyusunannya sangatlah mudah, yaitu hanya menuliskan jumlah Modal awal serta jumlah Laba Rugi yang dihasilkan dari Laporan Laba Rugi.

Neraca

Neraca merupakan sebuah laporan yang menyajikan posisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu.

Pada Laporan Neraca, ada tiga unsur yang masuk kedalamnya, yaitu Harta, Utang, dan Modal. Harta adalah seluruh kekayaan yang dimiliki UKM Anda, bisa terdiri dari Harta Lancar, Harta Tetap, maupun Harta Tidak Tetap. Kewajiban meliputi Utang Lancar dan Utang Jangka Panjang. Sedangkan Modal merupakan selisih keduanya, yaitu Harta setelah dikurangi dengan Utang.

Proses penyusunannya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu memindahkan saldo-saldo yang ada pada buku catatan transaksi. Hanya saja bentuk laporan ini dibuat seperti Neraca, sehingga harus balance sesuai prinsipnya. Supaya lebih mudah, Anda bisa membuat garis di tengah, kemudian memindahkan saldo Harta pada kolom sebelah kiri, dan posisi Utang dan Modal sebelah kanan. Ohya, jumlah Modal yang tertulis di Neraca yaitu Modal yang tertera pada Laporan Perubahan Modal ya! Atau Modal yang sudah mengalami perubahan.

Laporan Arus Kas

Dalam menyusun Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM, Anda juga perlu membuat Laporan Arus Kas. Sebab, laporan ini memuat semua informasi mengenai Kas masuk dan keluar dalam periode tertentu.

Cara menyusunnya juga tidak sulit, Anda hanya perlu memindahkan transaksi-transaksi yang berhubungan dengan Kas masuk serta Kas keluar saja.

Nah selesai deh! Itulah sekilas tentang Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM. Tidak terlalu sulit kan ? Hanya perlu pemahaman mengenai pencatatan Akuntansi saja, kemudian Anda bisa langsung mempraktekkannya dalam menjalankan usaha Anda. Tapi, lakukanlah pencatatan dengan teliti ya! Agar menghasilkan informasi yang tepat dan akurat.

Walaupun sebenarnya di era modern yang seperti ini, Anda bisa lebih mudah dengan menggunakan Software pembukuan seperti Accurate Onlineyang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha Anda. Apa lagi Accurate Online sudah memiliki fitur yang user friendly dan mudah digunakan dengan panduan dari manual book yang bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja di website ultimasolusindo.com.

Mulai dari proses pencatatan hingga menghasilkan laporan keuangan, bahkan laporan pajak pun bisa Anda buat di Accurate Online. Setelah itu Anda bisa mengintegrasikan Accurate Online dengan e-faktur yang terdapat pada situs pajak.go.id. Anda bisa langsung tarik data dari Accurate Online kapanpun dan dimanapun. So, selain efisiensi waktu, juga sangat praktis dan memudahkan bukan ? Jadi, pilih mana ? Lambat tapi belum tentu akurat, atau Cepat, Tepat, dan Akurat ? Coba langsung Trial Gratis 30 Hari dibawah ini. Pikirkan baik-baik ya! 

 

6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan di Indonesia

6 Bisnis UKM / Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan di Indonesia

Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di negara kita. Bahkan menurut informasi yang saya baca di berbagai media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.

Usaha kecil menengah (UKM) yang ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha yang menguntungkan bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.

Dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Namun, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk memilih jenis usaha menjanjikan yang akan digeluti. Alasannya beragam, ada yang sulit memulai usaha karena kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan kendala lainnya.

Tentu saja semua kendala dan tantangan ini tidak membuat kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri, karena setiap usaha memang akan selalu punya tantangan tersendiri yang harus dilalui.

Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa Usaha Kecil Menengah yang menjanjikan. Bahkan diantaranya bisa kita jalankan dengan modal yang kecil.

1. Usaha Kecil Menegah di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa. Alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.

Salah satu contoh bisnis kuliner camilan yang cukup sukses adalah bisnis Tahu Jeletot Taisi yang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok. Usaha tahu jeletot pedas yang dipasarkan melalui internet dengan sistem waralaba ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Saat ini pengusaha tahu jeletot tersebut sudah memiliki banyak mitra di sekitar Jabodetabek.

Dan salah satu bisnis kuliner yang cukup sukses untuk kategori makanan utama adalah bisnis Angkringan Nasi Kucing 78 milik Bapak Bayu dari Jogjakarta. Bisnis ini menawarkan sistem waralaba dan dipasarkan melalui media online, dan saat ini pihak pengelola Angkringan Nasi Kucing 78 sudah memiliki banyak mitra di berbagai daerah.

Selain dua bisnis kuliner yang saya sebutkan di atas, masih ada banyak sekali peluang usaha kuliner yang bisa Anda geluti. Silahkan baca artikel tentang usaha makanan lainnya.

2. Usaha Kecil Menengah di Bidang Fashion

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang menjanjikan dan sangat potensial karena akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan. Misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.

Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

3. Bisnis UKM di Bidang Pendidikan

Pendidikan adalah modal penting bagi perkembangan tiap generasi sebuah bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan pendidikan generasi penerus mereka adalah bangsa yang akan sukses di segala lini.

Pendidikan begitu penting dan saat ini Indonesia masih kekurangan sarana pendidikan yang berkualitas. Maka ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pendidikan, salah satunya adalah lembaga pendidikan robot terbesar di Indonesia, yaitu Robota Robotics School. Lembaga pendidikan ini memang belum menyentuh semua kalangan. Namun perlahan dan pasti dunia pendidikan robotika akan menyebar ke seluruh masayarakat Indonesia.

Contoh lain bisnis UKM dibidang pendidikan adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris, International Language Program (ILP). Perkembangan dunia kerja dan dunia usaha yang mengharuskan kita memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris tentunya bisa menjadi sebuah peluang usaha.

ILP menawarkan bisnisnya dengan sistem waralaba, sehingga mereka yang tertarik dengan bisnis ini bisa memiliki usaha sendiri tanpa harus memulainya dari nol. Jadi, peluang usaha di bidang pendidikan memang sangat potensial.

4. Usaha Kecil Menengah di Bidang Otomotif

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak. Tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya menguntungkan dan jangka panjang.

Ada beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif. Diantaranya jasa bengkel dan spare part, jasa cuci motor/mobil, menjual perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa kita manfaatkan, misalnya menjual helm sepeda motor.

Bagi sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja. Namun bagi mereka yang jeli pasti akan bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dari berjualan helm sepeda motor.

5. Bisnis UKM di Bidang Agribisnis

Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Ya, negara kita memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya. Mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya.

Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia. Bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri.

Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan.

Sayangnya, meski bisnis agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia. Belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

6. Bisnis UKM di Bidang Teknologi Internet

Bukan rahasia lagi bahwa internet memberikan banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya pada mereka yang telah memiliki bisnis REAL, tapi juga pada mereka yang belum memiliki bisnis. Yang saya maksudkan di sini adalah bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka panjang, atau biasanya disebut dengan startups bisnis.

Ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia, mulai dari startup di bidang eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Salah satu startup bisnis yang unik adalah komik digital Si Juki yang menawarkan konten segar dan lucu bagi para pembacanya.

Startup Indonesia lainnya yang cukup populer adalah Buka Lapak, yaitu situs ecommerce yang mempelopori keamanan transaksi online. Masih banyak startup lainnya yang sedang berkembang di Indonesia. Ini membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial di masa depan.

Di atas tadi adalah beberapa bisnis UKM/ Usaha kecil menengah yang menjanjikan dan menguntungkan untuk saat ini dan di masa-masa mendatang.

Nah untuk Pembukuannya saya sarankan memakai Software Accounting ACCURATE , yang bisa menyajikan laporan keuangan Anda dengan Cepet & Akurat . Anda bisa Trial 30 Hari Gratis melalui link

: http://bit.ly/TrialAccurateONLINE

Mungkin masih ada beberapa jenis bisnis menguntungkan lainnya yang belum saya tuliskan di artikel ini.

www.accuratejkt.com

Software Accurate , Program accurate , accurate online , Software akutansi , software accounting Accurate 

Olah Sabut Kelapa beromzet Milayaran

Olah Sabut Kelapa, Koperasi di Pangandaran Beromzet Miliaran

Pangandaran – Sebuah koperasi di Pangandaran mencatatkan kinerja bisnis yang membanggakan. Mengolah sabut kelapa untuk pasar ekspor, koperasi ini mencatatkan omzet miliaran rupiah setiap bulan.

Koperasi Produsen Mitra Kelapa (KPMK), nama diri lembaga tersebut, sejak 2014 dirintis 11 pemuda di Desa Cintrakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tak butuh waktu lama, usaha kolektif ini berkembang menjadi perusahaan yang mempekerjakan ratusan orang.

“Omzet kita terakhir Rp 1,5 miliar per bulan. Anggota koperasi 42 orang. Pegawai di unit usaha 120 orang,” ujar Yohan Wijaya, ketua KPMK, dijumpai di pabrik olah sabut kelapa .

Yohan menjelaskan KPMK saat ini memiliki empat produk utama dari kelapa, yakni tepung, arang, serat dan cocopeat. Tepung dan arang, dia menjelaskan, diperuntukkan bagi pasar Nasional, sementara serat dan cocopeat, Yohan menambahkan, dikirim ke luar negeri.

“Serat atau fiber ini untuk jok mobil, sofa, kasur, tali, ini dikirim ke Tiongkok. Kalau cocopeat untuk media tanam, kita kirim ke Jepang,” ujar pria kelahiran 1982 ini.

Pencapaian bisnis KPMK ini mengundang apresiasi banyak pihak. Terakhir, melalui fasilitasi Kementerian Koperasi dan UMKM, KPMK menerima hibah lebih kurang Rp 500 juta dari lembaga pertanian asal Belanda, Agriterra.

Hibah tersebut, Yohan mengungkapkan, hanya untuk biaya penyusunan rencana bisnis (business plan) untuk pengembangan usaha KPMK.

“Kami sedang merancang pabrik terpadu, output-nya tujuh jenis produk turunan dari kelapa. Teknisnya, koperasi nanti mendirikan PT. Investasinya di kisaran Rp 200 miliar,” ujar lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung ini.

Bisnis kelapa, menurut Yohan, berpotensi besar di Kabupaten Pangandaran. Ia menggambarkan, saat ini luas perkebunan kelapa di Pangandaran mencapai 33.400 hektare. Dari luas tersebut, ia merinci, hanya 21 ribu hektare yang memproduksi kelapa, sedangkan sisanya disadap atau dideres untuk bahan gula.

“Kapastitas produksi perkebunan kita 800 ribu butir per hari. Kita saat ini baru mengolah 6 ribu butir per hari, sisanya sebagian besar dijual ke kota .

Software Accurate , Program Accurate , accurate Online