Uncategorized

Tutorial :Pembelian Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian Accurate Online

Accurate Online memiliki fitur untuk penyusutan aset yang dapat membantu pengguna Accurate dalam menghitung penyusutan, pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai pembelian Aset tetap melalui faktur pembelian di Accurate online, sebelumnya yuuk kita cari tau apa yang di maksud dengan aset.

Aset adalah sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh individu, perusahaan, atau pemerintah dengan harapan akan menghasilkan arus kas masa depan. Jenis aset umum meliputi: Aset lancar, aset tidak lancar, aset fisik, aset tidak berwujud, aset operasi, dan aset tidak beroperasi.

Tutorial :Pembelian Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian Accurate Online

Berikut langkah-langkah untuk melakukan penginputan pembelian Aset Tetap melalui Faktur Pembelian :

1. Ke menu Pembelian | Faktur Pembelian | Pilih Pemasok & Isi No Faktur# | Klik Pembelian Aset

2. Jika baru pertama klik Pembelian Aset, akan tampil notifikasi 

“Pembelian aset memerlukan barang dan akun perantara pembelian. Accurate akan membuatkan barang dan akun perkiraan. “Pembelian Aset”. Lanjutkan ?” dan Pilih Ya.

sehingga otomatis Accurate membuat Akun dengan nama “Pembelian Aset”.

tipenya adalah aset lancar lainnya dan Barang dengan nama “Pembelian Aset” ,jenisnya adalah non persediaan.

3. Isikan Nama Aset, Kuantitas dan Harga beli aset tetap tsb. Jika dikenakan PPN checklist PPN 10% dan klik lanjut.

4. Jika langsung dilunasi, selanjutnya klik ProsesPembayaran dan tampil Pembayaran Pembelian.

5. Setelah anda menyimpan transaksi Faktur Pembelian Aset, maka Accurate secara otomatis membuatkan Draft Pencatatan Aset Tetap yang dibeli tersebut pada Modul Aset Tetap berdasarkan informasi Faktur Pembelian yang dibuat.


6. Selanjutnya, lengkapi informasi pada Draft Pencatatan Aset Tetap yang dibeli tersebut, yaitu dengan mengisikan informasi Tanggal Pakai, Jenis Aset-nya, Metode Penyusutan yang digunakan, Masa Manfaat, Jumlah Kuantitas Aset-nya serta Kategori Aset tetap tersebut (perhatikan gambar).

7. Simpan pengubahan yang dilakukan pada Draft Pencatatan Aset Tetap dan otomatis mengubah status draft menjadi Data Aset Tetap Perusahaan yang tercatat di database tersebut.

Note : Draft Aset Tetap yang dibuat otomatis oleh Accurate belum tercatat sebagai Aset Tetap di Database anda, sebelum dilengkapi informasinya.

Baca Juga : Cara Login dan Register Akun Accurate Online

Demikianlah cara atau Tutorial :Pembelian Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian Accurate Online semoga dapat membantu bapak/ibu,

Accurate memiliki fitur yang saling terintegrasi yang akan memudahkan anda dalam pengecekan laporan dan juga kontrol laporan keuangan dengan mudah. dapatkan diskon 25% untuk aktivasi database Accurate online dengan mencoba free trial 30 hari disini.

Related posts

Pentingnya Pakai Aplikasi Pembukuan Untuk menjaga Performa Bisnis dimasa Pademik.

Dewi Wahyudi

Bisnis Open Trip Mendulang Untung Besar Dari Usaha Zaman Now

Agus Fadhil

Solusi Bersaing Dengan Bisnis Besar

Agus Fadhil
Promo PPKM